Friday 7 September 2012

Kaidah-Kaidah Ilmu Falak



Ayat-ayat Al-Qur’an dan As-Sunnah Tentang Peredaran Matahari, Waktu Shalat dan Arah Kiblat.

Pada surah Yaasin ayat 38 – 40
“Dan matahari di tempat peredarannya. Demikian itu adalah ketetapan yang Maha Perkasa Lagi Maha Mengetahui. Dan telah Kami tetapkan bagi bulan Manzilah-manzilah, sehingga setelah sampai manzilah yang terakhir, kembalilah ia sebagai bentuk tandan tua. Tidaklah mungkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malam pun tidak dapat mendahului siang. Dan masing-masing beredar pada garis edarya.” (QS. Yasin. : 38-40)

Pada surah An-Nisa 103 diterangkan
“Sesunguhnya shalat itu adalah fardhu yang telah ditentukan waktu atas orang-orang yang beriman” (QS. An-Nisa’ 103)

Pada surah Hud juga dijelaskan
“Dan dirikanlah Shalat itu di kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bagian permulaan dari pada malam. Sesungguhya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapus (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat.” (QS. Hud :114)

Pada surah Al Isra’
“Dirikanlah Shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam, dan (dirikanlah pula Shalat) Subuh, Sesungguhnya shalat Subuh itu disaksikan (Oleh Malaikat)” (QS. Al-Isra’ : 78)

Pada Surah Al-Baqarah
“Dan dari mana saja kamu keluar (datang), maka palingkanlah wajahmu kearah Masjidil Haram. Sesungguhnya ketentuan itu benar-benar sesuatu yang hak dari Tuhanmu. Dan Allah sekali-sekali tidak lengah dari apa yang kamu kerjakan. (QS. A-Baqarah : 149)

Hadist
“Maka apabila kamu hendak mengerjakan Shalat, maka sempurnakanlah Berwudhu kemudian menghadap kiblat lalu takbir” (Diriwayatkan oleh Bukhari Muslim)

“Baitullah (Ka’bah) adalah kiblat bagi orang-orang yang Shalat dalam Masjid Al-Haram, dan Masjid Al-Haram adalah kiblat bagi orang-orang yang tiggal di tanah Haram (Makkah), dan tanah Haram (Makkah) adalah Kiblat bagi seluruh penduduk bumi, timur dan baratnya dari umatnya. (Hadits diriwatkan oleh Al-Baihaqi).

0 comments:

Post a Comment

Kritik dan saran untuk kebaikan dan penyempurnaan